Thursday, June 15, 2017

Pengalaman Masuk PKN STAN D1 Pajak

Intermezzo (skip aja ini , hanya pengenalan abg labil )
ehem.. di blog ini , khususnya post ini, saya akan membahas pengalaman masuk stan 2017 ini yg tak terlupakan(alay Fvvvck). Tapi sebelum itu , saya akan memperkenalkan sedikit tentang diri saya.
Saya adalah anak kelahiran  99 yang lahir didaerah desa  yg berdomisili di jawa tengah (desanya mblusuk banget tetapi oke2 aja), tetapi hidupnya dikota (kota kecil nan indah ), saya adalah orang yang dominan pendiam sejak kecil (gak banyak bacod , its cool).
 Saya juga orangnya biasa-biasa aja dan suka yang biasa-biasa aja. jujur saja bahkan sampai saya lulus SMA ini saya tidak tahu tujuan hidup saya (yes for sure its fvckin  true). apakah untuk mencari kekayaan? sempat terlintas  di pikiran saya apa yang saya lakukan jika saya merupakan orang terkaya di dunia? well, that's boring and definitely not my dream.hmm mungkin untuk mencari  kebahagiaan? yaaa maybe, tetapi saya orang Indonesia yang menganut ideologi Pancasila (khususnya sila pertama), jadi saya adalah orang yang beragama, dan  kebahagiaan di dunia bukan berarti  bahagia di akhirat nanti, hmm lha terus apa begok...,, ya saya sendiri tidak tahu....  tetapi yang saya inginkan untuk sekarang adalah : 

1. Menemukan jati diri saya

Kenalilah dirimu, sebagaimana sabda Nabi SAW
Artinya: “Barangsiapa yang mengenal dirinya, maka ia akan mengenal Tuhannya, dan barangsiapa yang mengenal Tuhannya maka binasalah (fana) dirinya.


2. Beribadah kepada Allah swt
Allah Ta'ala berfirman: 
“Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia, melainkan supaya mereka menyembah-Ku”. (QS. Adz Dzariyat: 56).


3. Membahagiakan Orang Tua
kalau ini tidak usah ditanya, pasti semua orang juga ingin membahagiakan orang tuanya. siapa sih orang tua yang gak seneng punya anak yang sholeh hehehehe.

4. Bekerja Dengan Baik

ya, hanya ingin bekerja sesuai dengan apa yang ku mampu.




udahlah ngomong apa sih saya nehh gaje,,..oke maaf ,,skip dah  langsung ke cerita gak  usah   banyak  cingcong




Verifikasi

saya saat itu kalo gasalah dapet  tanggal  29 Maret 2017 untuk verif di Semarang. Saya bersama 7 orang teman saya berangkat pagi-pagi dari kota kecil nan indah ke Semarang bertujuan untuk verifikasi berkas. Nah yang dibawa saat itu apa aja sih?? Identitas Diri (Rapor/ Ijazah/ KTP/ SIM/ Paspor/ SKCK, bawa salah satu aja) , Ijazah Asli (untuk lulusan tua)/Rapor Asli(untuk yg baru lulus), Bpo (bukti pendaftar onlen)  yg dimaterai 6k dan ditandatangani (dibelakang bpo difotokopi halaman depan ijazah/rapor),bukti pembayaran bank,foto 4x6 background merah 3 lembar.
 Nah semua itu bawa aja,, nanti pertama km sampe tempat verifikasi akan disuruh ambil no antrean (tp sebelum itu jg dicek km bawa data lengkap gak).
dan  nanti km semua yg udah ambil no antrean akan disuruh nunggu dilapangan dalam  gedung(bukan dalam ruangan,tapi lokasinya  emg ditengah gedung ,outdoor) untuk  dipanggil verifikasi berkas , nah yang ini nih nunggunya lama bangetss, saya waktu itu dapet antrean nomor 500-an ,, dan sekali di panggil ada sekitar 30 orang, tapi ya  itu nunggu nya berjam-jam,,, sambil nunggu dipanggil saya dan salah seorang teman saya jalan-jalan mengelilingi gedung (mampir ke kantin,masjid,liatin satpam,liatin peserta  lain dari lantai atas,dll) dan bahkan jalan-jalan kesekitar  gedung juga ,liatin sungai, liat sabung ayam <<wtf , mampir  kepasar trus beli dawet yg harganya  mahal dan rasanya biasa saja,, lalu liat  sabung ayam lagi << wkkw begok , dan akhirnya nongkrong bentar diwarung sebelah gedung habis itu baru balik ke gedung dan ternyata  masih antre juga. Akhirnya kami memutuskan untuk nunggu dimasjid  karena waktu menunjukkan sudah mau Dzuhur sekalian  Sholat, Nah setelah itu tidak lama akhirnya aku dan teman-temanku dipanggil juga untuk verif  berkas. 
Kami disuruh menuju ke Aula yang berada di lantai 4(kalo gk salah). disitu  kami  juga  masih  menunggu tetapi tidak terlalu lama,pokoknya  disini entar akan dijelasin panitia suruh ngapa aja ,,dengerin . Nah akhirnya selesai juga verifikasinya dan  kami mendapatkan  BPU (beda   dengan bpo), dan kami pun pulang kembali ke kota kami dengan senang hati. 
Jarak antara verifikasi dengan Tahap 1 ini sekitar 2-4 minggu


ini jadwalnya kurang lebih gitu,tetapi tidak 100% akurat

Tahap 1   (USM STAN TPA&TBI)

dalam masa-masa menunggu tahap 1 ini yang saya lakukan hanyalah ngeGame,internetan,dolan bersama teman-teman. dan akhirnya pada saat tanggal 9 april alias H-1 UN saya belajar dengan sungguh-sungguh(belajar UN), untuk sekedar pengetahuan saja saya ini orangnya memang pemalas dan jarang belajar.
Dan habis UN ini, saya kembali menyibukkan diri saya dengan ngeGame, dolan ,dll. 
Btw, tesnya diundur dari 16 april menjadi 23 april, saya sendiri mulai belajar pada tanggal 20 april ,ya cuma 3 hari aja saya belajarnya,itupun hanya latihan soal dari soal-soal tahun lalu. oke skip hari H(nb: jgn lupa bawa bpu dan identitas diri),  saya bersama 7 orang teman saya berangkat dari rumah naik motor jam 4.30 pagi(karena nanti tesnya jam 7 harus sudah sampai setidaknya),,, dan btw saya tesnya di udinus, setelah sampai udinus sayapun parkir dan memasuki gedung tes, saya cari ruangan 46 (ruangan tes saya) dari lantai ke lantai atas,, sampe lantai paling ataspun saya cari-cari kok ga ada ruangan saya,, mentok cuma ruangan 36, saya pun kembali ke lantai dasar untuk melihat peta ruangan,,, eh ternyata saya salah gedung (makanya baca dulu begok) . oke akhirnya dengan tenangnya saya kembali keparkiran mengambil motor dan pindah ke gedung tes ruangan saya(agak jauh sih kalo jalan kaki). setiba nya di gedung (Gedung H kalo ga salah) , saya duduk bersama peserta-peserta lain yang juga menunggu akan bel masuk,disini juga banyak orang tua yang menemani anaknya, kalo saya sendiri bersama teman-teman saya memilih untuk duduk beristirahat sebentar di sekitar tempat itu. Dan disinipun ada bermacam-macam tipe orang, ada yang lagi belajar serius, ada yang lagi maen hp, ada yang lagi bengong,ada yang lagi ngobrol/gosip, ada juga yang lagi baca doa, kalo saya sendiri saat itu belajar dikit dan ngobrol aja sama temen-temen tapi juga tidak lupa untuk berdoa. 
akhirnya setelah ditunggu belpun berbunyi tanda tes usm stan tahap 1 akan dimulai. Kami pun langsung masuk kedalam gedung dan mencari ruangan kami , ya ruangannya berada di lantai paling atas. Ternyata ruangannya masih di kunci dan harus menunggu panitia datang ( nunggu sekitar 15 menitan),, saat panitia datang langsung membuka ruangan kami dan lebih baik jangan masuk dulu sampai di persilahkan oleh panitia (etika blok). Aturan demi aturan pun di bacakan oleh panitia ,sesambi panitia berbicara ria, saya masih berdoa didalam hati saya . udah skip langsung aja deh ,soal TPA (120 soal) dibagikan dulu dan dikerjakan dalam waktu 100 menit , nah disini tips dari saya adalah jangan panik kaya saya (beneran saya menyesal sampe sekarang), santai aja ngerjainnya ga usah tegang, chill dude.
 nanti kurang lebih di akhir waktu saat ngerjain TPA akan dibagikan soal TBI (60 Soal) , nah TBI ini dikerjakan dalam waktu 50 menit,, saat udah ngerjain TBI gaboleh ngerjain TPA,, soal TBI itu tentang grammar, dll, pokoknya yang pinter bahasa inggris di sekolah belum tentu bisa ngerjain soal TBI ini karena materinya beda (tidak berlaku bagi saya , ehem).
saking hati-hatiya saya ngerjain TBI, baru sampe nomor 48 eh tau-tau waktu dah habis(nyesel lagi). Total yang saya kerjakan dari TPA adalah 65 (kurang lebih,gara2 panik), dan TBI 48. Akhirnya habis itu kami pulang kerumah masing-masing (tapi mampir makan dulu di fast food).

tips dari saya : TPA nya belajar dari soal-soal tahun lalu aja karena materi gak jauh beda(soalnya tentu beda), antonim sinonim juga dipelajari (kalo saya sih waktu itu ngerjain 1 soal doang dari 15 soal antonim sinonim),itung2an di biasakan aja.
untuk TBI nya silahkan kalau mau belajar materi (saya sarankan beli buku TOEFL atau sepadanannya ), kalau saya sendiri hanya latihan-latihan soal juga dari soal tahun lalu, dan juga belajar dari soal STIS(karena kurang lebih materi sama).
dan kalo bisa belajarnya 1 minggu lebih (7 hari adalah minimal), atur sendiri cara belajarmu

nah habis usm stan ini, gw kembali ke aktifitas biasa yaitu nge Game lagi wkwk, makan ,mandi,tidur,dolan sama teman-teman, (indahkan masa muda mu !!!).  sampai akhirnya ....

Pengumuman tahap 1 tanggal berapa ya , lupa gw.
pengumuman kalo ga salah ya tanggal 3 mei, nah pada tanggal 2 mei ,gw sudah mulai deg-deg an, ibadah diperbanyak, selalu berdoa . Jam sudah menunjukkan pukul 23:20 ,website STAN down tidak bisa dibuka, saya refresh terus tuh sampe jam 12 an, tetapi pengumuman juga belum dikeluarkan , sampe akhirnya saya ketiduran wkkw, saya bangunpun langsung cek pengumuman dan ternyata masih belum keluar, akhirnya saya ngeGame ajah sambil nunggu pengumuman,, sampe malem lagi (udah telat 1 hari nehh) pengumuman juga belum keluar,saya begadang ampe malem lagi jam 12 juga belum keluar, jam 2 juga belum keluar , jam 3 juga belum keluar akhirny saya ketiduran,, eh tidur belum ada 20 menit udah dibangunin ayah saya ,, "dek , kamu lulus tahap 1 stan (ekspresi seneng)" ,gw yang saat itu masih setengah mimpi cuma bengong aja , akhirnya gw sadar itu bukan mimpi dan gw cek sendiri pengumumannya ,,and hell yeahh, gw lulus tahap 1 stan,, bersyukur ya Allah , alhamdulillah. dari 8 orang (gw dan temen gw ) yang daftar tahap 1 ini yang lolos ada 4 orang (termasuk gw). 

oke jarak pengumuman tahap 1 dengan tes tahap 2 itu sekitar 1 minggu - 2 minggu an


Tahap 2 (Tes Kesehatan dan Kebugaran) < 2 TES
Disini saya dapat tanggal hmm lupa , kayanya tanggal 13 mei , tp selama habis pengumuman tahap 1, saya setiap hari latihan fisik terus. Saya jarang olahraga bahkan tidak pernah, ehm tetapi saya hobi mendaki gunung dan renang (cuma itu aja). jadi waktu latihan jogging sih emang saya nggak begitu bagus sih tp ya gapapa. skip langusng hari H (nb: jangan lupa bawa bpu dan identitas diri), Saya dan teman saya (3 orang yang lulus tahap 1 )berangkat dari rumah jam 3 pagi  (udah ngumpul dulu). nah sampe semarang ternyata jam 4.30 (biasanya 1 jam sich) . oh ya tesnya di kantor bea cukai (lupa namanya ,tanjung emas ato apa y??) tetapi hanya tes kesehatan, tes kebugaran nya nanti di anter dari kantor bc ke lapangan deket situ(dianter pake bus bray). 
back to topic,saya yg sampe sana jam 4.30 langsung ambil no antrean dan saya dpt urutan no 140 (Gile aje , yg no 1 jam brp tuh sampe sana?). Setelah itu kami pergi ke masjid untuk menunaikan shalat dan beristirahat sejenak  , ternyata ramai juga bahkan ada yang nginep dimasjid wkkwk(disarankan nih yang mau dapet antrean awal). Di waktu yang sempit itu,aku dan temanku memanfaatkan momen itu untuk ke kamar mandi (bab bro,kebelet).skip dah, jam 5 lebih dikit kami (seluruh peserta juga) disuruh kumpul didepan kantor bc, disini nanti akan dipanggil sesuai urutan nomor dan disuruh masuk gedung. cepet kok ga lama, pokoknya nanti didalam gedung juga verifikasi data-datanya dulu (BPU sama Identitas diri). kalo udah nanti suruh masuk ruangan untuk cek kesehatan ,disini pun juga kita masih nunggu karena doktor terbatas(banyak sih,tp peserta juga banyak). nah sambil nunggu giliran kita di cek kesehatan, aku sempet ngapalin huruf-huruf untuk cek kesehatan mata(curang gak ya?, gpp sih buat jaga-jaga wkkwk), ya karena emang keliatan sih ,
kaya gitu kurang lebihnya

,skip,, saat giliran gw dipanggil, saya dicek tensi darahnya dulu(alhamdulillah normal), habis itu nadi (alhamdulillah normal), buta warna (Alhamdulillah normal), tinggi badan (saya cek dirumah 170cm, tetapi disini dapet 166,5 cm),berat badan(saya dirumah dapet 50kg,disini dapet 49,5kg << Dafuq??) , disini saya dapet predikat underweight (sad) .
nah habis itu baru cek kesehatan mata(minus nggaknya), eh ternyata waktu tes gampang banget, jaraknya cuma beberapa meter aja, gausah ngapalin juga bisa kok (kalo matanya normal), dan alhamdulillah mata saya normal. 
nah habis ini ganti dokter ,kita disuruh nunggu lagi , kali ini dokternya lebih pro ,karena yang dicek juga penyakit-penyakit kita. saya waktu itu cuma ditanya "punya riwayat penyakit apa??" saya jawab "nggak ada" ,  dan nanti kamu akan ditanya-tanya , habis itu juga dicek juga tubuh mu sehat gak (sante ,gak disuruh bugil). waktu itu kaki saya juga dipalu (tips: lemesin aja kaki ente). pokoknya disini itu beda dokter beda tesnya juga wkwk,, ada yg cuma 5 menit udah selese ,ada yg sampe 15-20 menit juga masih di cek dokternya.
dan disini juga dokterlah yang memastikan apakah kita boleh untuk melanjutkan tes selanjutnya (kebugaran). karena kan kalo ada penyakit berat pasti tidak bisa , dan jika tidak bisa maka otomatis gugur. tetapi ada beberapa case yang emang tanpa lari pun ada yang tetep lolos (mungkin nilai tahap 1 nya dewa).
Tips: tes buta warna bisa dicoba diinternet, kurang lebih nya sama. waktu tes tensi,denyut jantung, nadi, kalo bisa tenang-tenang aja.biar ga naik tensi lu. pokoknya baik-baikin aja dokternya dah biar dikasih nilai bagus(emang ngaruh?? idk ) . pokoknya turutin dokternya aja nanti.
skip, akhirnya nama saya dipanggil untuk melanjutkan tes kebugaran. nanti kamu dikumpulin 10 orang (1 kloter) , dan habis itu dianter ke lapangan (pakai bus brooo), kurang lebih 5 menit dari kantor bc. Tes kebugaran ini terdiri dari Lari 12 menit dan shuttle run. , nah waktu dah sampe lapangan nanti disuruh pemanasan dulu (btw, saya yg memimpin pemanasan dikloter saya wkwkk<alay wtf) , oke kalau sudah siap nanti akan diberikan penjelasan oleh panitia. saya lari 12 menit cuma dapat 5 x 350m lebih dikit (sekitar 1,8 km an).
dan teman saya pada dapat 2,1 km ++ .
 oke disuruh istirahat sekitar 5-10 menit habis itu kita disuruh untuk melakukan tes selanjutnya yaitu shuttle run ,shuttle run itu tes lari memutari 2 tiang dengan pola angka 8 dan selama 3 putaran. saya tidak tahu dapet berapa detik (tidak diberitahu oleh panitia), tetapi yang saya tahu saya sudah berusaha secepat mungkin. 
Tips : untuk lari 12 menit usahakan lari terus jangan sampai jalan, selalu latihan dirumah usahakan kalo bisa 1 bulan lebih latihannya, biar gak tegang. apalagi yang mau ambil prodi bea cukai, wajib lari sebanyak-banyaknya.  atur pola nafasmu (cari aja pola nafasmu enaknya gimana)
untuk shuttle run nya usahakan kamu sudah pernah mencoba nya dirumah, dan waktu in sendiri kalo bisa <20 detik , pokoknya setidaknya kamu bisa lancar di shuttle run ini karena yang dinilai kecepatan. teknik shuttle run banyak tutorial di youtube.

Akhirnya setelah tes tahap 2 , saya kembali ke rumah dengan tenang, dan kembali melakukan aktifitas biasa ( you know lah ). Pengumuman tahap 2 ini kalo ga salah tanggal 24 mei. And H-1 pengumuman saya cuma bisa berdoa dan berdoa, and yeahh pengumuman nya keluar dan disitu tertera nama gw. Alhamdulillah ya rabb, aku bersyukur padamu, tetapi gan teman gw yang dapet 2,1km++ ada yang tidak lulus, sedangkan gw yg 1,8km lulus. Idk the reasons yet I'm happy and sad at the same time?? ,dari 4 orang(gw dan temen gw)  yang lulus cuma 2(termasuk gw). nahh lanjut dah ke tahap 3. 

btw akhir bulan mei 2017 itu udah mulai puasaa ,, hore


Tahap 3 (TES TKD)

saya dapat tanggal 7 juni 2017, ehem. di sini saya sarankan anda benar-benar belajar dengan sungguh-sungguh, karena selain susah, ini juga adalah tahap yang terakhir. jadi ya kurang lebihnya itu dari pengumuman tahap 2 sampai tes TKD nanti ada waktu kurang lebih 2 minggu. Saya sarankan kalian semua membeli setidaknya 1 buku cpns (apa aja pokoknya yang ada materi TKD),nah seterusnya kamu kembangkan materinya dan cari di Internet. Seumur hidup saya, saya baru niat belajar ya waktu ini, 2 minggu saya belajar setiap hari kwkwwk.
TKD itu terdiri dari :
TIU : Tes Intelegensi Umum >> disini gak jauh beda kaya TPA tahap 1 kok , materi dari latihan soal/Internet.

TIU terdiri  dari 30 soal yang jika betul poin 5 dan salah poin 0. Nilai MAX = 150

TKP : Tes Karakteristik Pribadi  >> kamu baca-baca aja materinya, gampang sih sebenernya tetapi setidaknya membantu menambah poin.
TKP terdiri dari 35 soal dan dengan range poin 1-5 , jadi tidak ada nilai  0  disini, wajib kerjain semua. Nilai Max= 175

TWK : Tes Wawasan Kebangsaan >> Nah ini nih yang banyak memakan korban, karena emang materinya sangat luas sekali 
Setidaknya materi basic TWK adalah 4 Pilar ,yaitu:
- UUD 45
- Bhineka Tunggal Ika
- Pancasila
- NKRI
pokoknya semua materi PKN dan Sejarah SMA ada peluangnya akan keluar di TWK ini, dari zaman prasejarah ,zaman besi, kerajaan  hindu ,budha  ,islam. Sejarah Internasional juga ada, Masa penjajahan belanda, Sejarah Kemerdekaan  Indonesia, UUD  RIS,UUDS,  orba, zaman reformasi, peraturan pemerintah, tap MPR, soal-soal bahasa Indonesia juga ada , dll masih banyak lagi. 
nanti tergantung deh kamu dapet soal yang materinya apa aja, pokoknya ambil aman itu pelajari dulu  4 pilar baru kembangkan materi di Internet, jangan sia-siakan Waktu mu.
TWK terdiri dari 35 soal, benar poin 5 salah poin 0. Nilai MAX= 175.

Tips:  Urutan  mengerjakan  mending TKP - TWK - TIU atau TWK - TKP - TIU , karena TIU akan memakan waktu yang banyak, trust  me  its  work. Banyak yang gagal juga karena kemakan TIU ini.

oh ya nanti di tahap 3 ini kan di ranking secara nasional dan diambil nilai tertinggi (yg lulus passing grade) sesuai kuota pkn stan nya, untuk penjurusan sepertinya menggunakan nilai akumulasi dari tahap 1 dan 2.

and FYI, skor TKD saya 355(susah  soal b.indo nya) . rata-rata nasional 353, tertinggi nasional 441. Teman saya nilainya 344 tidak keterima, tapi kayanya 345 masih keterima alias nilai paling bawah. jangan lupa bawa BPU dan Identitas diri disini.

Pengumuman TKD  tanggal 16 juni, tetapi eh tetapi ,baru  tanggal 15 juni sudah  keluar pengumuman, dan Alhamdulillah saya dan teman saya  lulus.
Saya dapat D1 Pajak sedangkan teman saya D1 BC

Sekian cerita saya, yang mau tanya silahkan kontak/ komen disini saja. Insa Allah akan saya jawab kalau tidak sibuk.


*Info Tambahan:
Pendaftar  Online 2017: 165 ribu
Yg mengikuti Tahap 1 : 133 ribu
yg lulus tahap 1(mengikuti tahap 2): kurang lebih 20 ribu
yg lulus tahap 2(mengikuti tahap 3): kurang lebih 10 ribu
Yg lulus tahap 3(tahap terakhir) : 6964 (+3 dari kuota awal)

Trus untuk tahun ini katanya cuma ada 2 tahap 
-ujian tertulis( tpa tbi skd)
-tkk (khusus bc) 

Semangat

112 comments:

  1. Gan. Kalau di D1 pajak yg dipelajari apa aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini gan mata kuliah yg syaa pelajari selama semester 1 : ketentuan umum perpajakan,pengantar akuntansi 1, pkn , hukum keuangan negara, pajak penghasilan, statistika , pengantar hukum pajak, bahasa indonesia ,aplikasi komputer, pengantar ilmu hukum

      Sedangkan saat semester 2 nanti ganti lagi,, jadi yg dipelajari di d1 pajak itu ya sekitaran tentang perpajakan ,hukum, negara,

      Delete
  2. Woi gan elu kok pinter amat si, temenlu pasti anak ITB, UGM ya gan? Jawab woi

    ReplyDelete
  3. Kalo lulus d1 pajak, terus mau lanjut sekolah lagi bisa gak? Terus bisa gak lanjut belajar di universitas biasa? Terimakasih kak

    ReplyDelete
  4. Kalo lulus d1 pajak, terus mau lanjut sekolah lagi bisa gak? Terus bisa gak lanjut belajar di universitas biasa? Terimakasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa,ntar ada prosedurnya sendiri, lanjut ke d3 trus d4/s1 trus s2, sante aja termasuk ke universitas biasa

      Delete
  5. kak dari jurusan jurusan yang ada di STAN, paling slit masuk yang mana?

    ReplyDelete
  6. Makasih ya kak udh mau berbagi. I still feel confused banget coz aku bener2 ga mahir di matdas. Kira2 gmn saran kaka ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo itu banyakin latihan soal tahun lalu aja, karena biasanya entar soalnya itu mirip tapi beda angka aja.. Semangat

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Jedug jedug, jedugπŸ˜‚ deg-degan saya

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Kemenkeu sama yg non kemen pemeringkatan nasionalnya dibedain ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau gan, tp kalo menurut saya sih harusnya di bedain ,karena itu 2 jalur yg beda

      Delete
  11. yg tes 1 n 2 lolos sekarang katanya perengkingan nasional yah...bgmn itu yak..gk ngerti..anak sya lolos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jd dari yg udah lolos tahap 1 dan 2 itu di ranking lagi secara nasional, dan di ambil tertinggi sesuai kuota

      Delete
  12. gan emangnya prodi pajak juga pake TKK?saya denger2 udh diilangin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk taun ini emg di ilangin gan,hanya utk prodj bc saja

      Delete
  13. gan emangnya prodi pajak juga pake TKK?saya denger2 udh diilangin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy emg di ilangin gan, tp walaupun milih prodi pajak kalau saat pndftaran menyetujui ditempatkan jurusan lain, maka bisa jadi diikutin tkk

      Delete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. nilai tpa tbi 170 kekmana peluang lulusnya kk untuk 2018

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weh kurang tahu sih,lihat aja rata2 nilai yg lulus tpa tbi, berdoa aja semoga lulus ya πŸ‘

      Delete
  16. kakk batasan mata minus itu hanya untuk bea cukai kan? insya Allah rencananya aku mau daftar pajak tapi mata aku minusnya besar. terima kasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cuma buat bc aja, dipajak gpp kok ga ada batasan minus nya, smngt ya

      Delete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Kak, gua dilema nih,keterima its teknik industri sama d3 pajak stan, tapi gw anak yg ngga pinter hafalan, enaknya gimana ye? Minta saran +- nya dong , kira" mending gimana gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. STAN aja daffa..
      Coba aja cek.. tahun ke tahun.
      Brp lulusan ITS yg masih search kerjaan.. dan kuliah dgn biaya ga sedikit tiap semester di ITS..

      STAN its cool.. belajar mandiri dan sangat membanggakan!!

      Klo D3 cek aja lulusannya brp gaji awalnya.. kurleb 13jeti an utk D3..

      Klo kaka gitu syih..

      Delete
    2. Wah kalo itu complicated sih, dua2nya sama aja ,tinggal u mending prefer kemana,kalo soal hafalan sih pasti dua2nya jg ada hafalan nya, karena bnyak kok anak stan yg pindah ke ptn, dan jg gk kalah bnyak anak ptn pindah ke stan, jd kalo soal itu emg tergantung passion u aja

      Delete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Gan, saya sekarang sekolah di smk teknik komputer dan jaringan, kira-kira bisa gk yah kalo misalnya ikut mendaftar ujian masuk di d1 pajak pkn stan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan,temen sekelas ane juga ada yg dari smk sante aja

      Delete
  21. Gan, kalo d1 pajak itu langsung PNS tau ada di tes lagi? Kalo kita nerusin ke s1 apa lgsng naik golongan ke gol 3A?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lngsg pns gan, gk tes lagi. Iya ada penyetaraan ntar

      Delete
  22. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  23. Kak saya juga dari jateng di semarang

    ReplyDelete
  24. Saya minta dong no wa/line saya butuh belajar banyak kak karena latar belakang saya anak rumahan. Beli barang sendiri gk biasa bagi saya. Mohon bimbimgannya guru

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. sekarang penempatan kerja dimana, jabatan apa, kerja nya gimana?? enak+nyaman kah? ++ kalau bisa info gajinya berapa😁😁 (butuh info karena mau lulus
    )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih pkl skrg wkwk,belom jadi pns gan. Jgn2 kita seangkatan wkwk

      Delete
    2. pkl dimana mas?
      -aku mau lulus sma jd butuh info-
      -lulus tahun ini(2018/2019)

      Delete
    3. Ohh ku kira lulus stan taun ini wkwkwk, saya pkl di jateng gan

      Delete
  27. Kak mau tanya, saya nih maba fk pts di jateng, tp saya rasa ini bukan passion saya. Toh saya masuk fk juga disuruh ortu. Lebih ke dipaksa malahan. Saya suka menghitung, saya gasuka ngehafal. Apa kalo misalnya saya keluar dari fk dan saya belajar buat usm 2019, trs lolos usm. Apa kira2 saya bisa survive disana? Apalagi yg saya incar pajak. Sedangkan pajak byk menghafal, padahal saya sukanya menghitung): tolomg sarannya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah itu bnyk pertimbangan gan, kalo ada usaha sih ya pasti bisa aja kok survive, trus kalo soal paksaan ortu itu ya mau gmana lg ya gan, susah jg mau ngasih saran wkwk

      Delete
  28. Kak buat STAN biaya apa aja sih yang harus dikeluarin? Trus buat cewek yang mau masuk Bea cukai apa aja sih yang harus ekstra disiapin biar entar pas tes ga kaget wkwkwk

    ReplyDelete
  29. Kak buat STAN biaya apa aja sih yang harus dikeluarin? Trus buat cewek yang mau masuk Bea cukai apa aja sih yang harus ekstra disiapin biar entar pas tes ga kaget wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. biaya hidup kayak kos dan makan sehari2, kuliah gratis tis, ya kalo mau bc mungkin tambahin persiapin fisik aja hehe

      Delete
  30. Kak ada wa? Di contact cuman ada line

    ReplyDelete
  31. Kak jurusannya kita yang milih,atau udah lulus baru ditentuin?

    ReplyDelete
  32. dipilihin dari sana gan,kita cuma nulis prioritas aja

    ReplyDelete
  33. Bang jago bahasa Inggris ga? Saya gajago bang bisa masuk STAN ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya sih "merasa" bisa, tp bnyak kok yg emg ga jago tp ttp masuk stan, bnyak2in latian aja

      Delete
  34. Bang jago bahasa Inggris ga? Saya gajago bang bisa masuk STAN ga ya?

    ReplyDelete
  35. Kak mau nanya. Katanya kalau ngambil D1 harus siap belajar di luar domisili kita. Nah yg pengen aku tnyain. Bisa ga kita milih D1 pajak di daerah kita sendiri? Makasi kak^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya belajar di luar domisili apa ya? kerjanya? wkwk

      Delete
    2. Iya, seperti biasa, cpns yang lolos pasti ditempatkan di luar domisili kita, tentunya di wilayah wilayah yg membutuhkan pns. tapi setelah beberapa tahun mengabdi di wilayah itu kita bisa mutasi ke domisili kita. itu sih yg aku tau

      Delete
  36. Ka mau nanya dong untuk biaya kos di sekitar stan, kira2 brp ya? Katanya tahun ini bisa samoe 30 jt an per tahun :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu pinter2an nyari kosnya wkwkw, saya dlu 12jt pertahun/2 org, rata2 sih paling 8-12jt/tahun

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Itu tuh dibayar langsung buat 1thn, atau bisa dibayar tiap bulan kak?

      Delete
  37. Cakep nih, kaya gw kebanyakan ngegame, tapi jadi semangat gara-gara baca tulisanmu wkwkw. Thanks bro!

    ReplyDelete
  38. well said, bro. jadi lulusnya kapan nih? wkwk. oh iya untuk jurusannya ditentukan pihak stan ya? berdasarkan nilai kita apa gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udh lulus saya gan, nunggu ojt aja ni, iya ditentuin sana walaupun kita nnti disuruh nulis ururtan prioritas yg kita mau. krg tau berdasarkan apa dipilihinnya

      Delete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. Replies
    1. kgk gan untuk prodi saya gk lebih dari 5 orang dari ribuan orang, do biasanya gara2 ketahuan melakukan kecurangan (nyontek) atau jg bisa sengaja pgn keluar dari stan. yg do gara2 nilai itu sangat jarang

      Delete
  41. Kak mata minus bisa gak kak masuk STAN? Kalau bisa jurusan apa aja kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok, bc minus maximal -2 , kalo jurusan lain trserah minus nya smpe brp

      Delete
  42. Sekarang kerja dimana dan penghasilannya berapa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di indonesia gan, penghasilan sih menurutku ya tinggi2 aja untuk lulusan d1

      Delete
  43. Edunn ya, nilai un mtk ane aja 3.25 wkwk. Mau daftar di stan tapi pasti gaakan lolos sih πŸ˜‚

    ReplyDelete
  44. kak pas PKL atau magangnya itu digaji nggak?

    ReplyDelete
  45. Bg, tes kebugaran itu untuk semua jurusan atau cuman bea cukai ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. taun saya smua jurusan, tahun kmaren bc doang, tahun skrg smua jurusan lg , setau saya sih

      Delete
  46. bang kalau nilai unnya rendah bisa masuk stan nggak ?

    ReplyDelete
  47. Kalo untuk D1/D3/D4 nya pilih sendiri atau dari sananya kak? Kan katanya kita yg milih prioritas prodi yg diinginkan, nah ada kemungkinan lulusnya di prodi yg ga masuk prioritas kita gak?

    ReplyDelete
  48. Ka aku ga pinter aku males aku ga ranking di sekolah aku paling gabisa matem,aku bimbel stan ttp ga ngerti materi dan jarang masuk ,tp ortu aku pgn banget aku ke stan, bikin aku down ka aku udh pesimis duluan ,aku pgn ortu aku seneng dan bangga aku bisa masuk stan ya allah tp sulit rasanya untuk org sperti aku .😭😭😭beri aku motivasi ka .Apakah seorang pemalas sperti aku bisa masuk stan gamungkin rasanya 😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok, jgn kan kamu, ak aja juga pemales ga pernah belajar wkekekez ,tp yg penting udah usaha, biar doa mu yang menjadikan usahamu ga sia2

      Delete
  49. Kak mau tanya dong.. kalau di stan dapet uang saku ga perbulannya?

    ReplyDelete
  50. kak mau tanya, kalau di STAN itu kalau lulus pasti kerja kah (jadi ASN)? dan, yang dibiayain (gratisnya) itu apa saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya kak tanya lagi, biaya hidup semasa kuliah STAN itu dari kita sendiri atau dibiayain?

      Delete
    2. biaya kuliah gratis, biaya hidup(kos makan dkk) bayar sndiri

      Delete
  51. nice post.. jjangan lupa kunjungi web saya fauziahmad22.wordpress.com dan web kampus saya ppns.ac.id

    ReplyDelete
  52. Ka..gini,aku denger dr temen aku kalo di stan ada biaya ganti rugi benar?..kalo ada,itu bakal ganti biayanya kalo kenapa ya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganti rugi lulusan stan, jd kalo udah kerja ada masa ikatan dinas kurang lebih 10 tahun, kalo mengundurkan diri sebelum 10 tahun maka ada ganti ruginya , jumlahnya sesuai dengan kurang masa kerjanya

      Delete
  53. Kak,mau tanyaa kalau di stan ada skripsi ga yaa utk d3 perpajakan nya?dan katanya buku yg dipelajari itu pakai bahasa inggris ya kak??

    ReplyDelete
  54. Skrg uda 2020 nih, gmn bro krjanya, klo misal mau pindah kerja diluar pemerintahan itu hrus byar uang kuliah slama di stan kn? Tp klo pindahnya stelah masa wajib kerja gmn. Dpet kerja apa nih skrg betah ga wkkw oiya untuk penempatan domosili kerjanya tuh gmn ya, gmn klo dpet yg jauh dri domisili kita . Mohon share pengalaman nya ya kk

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi setelah lulus dari stan ada masa ikatan dinas 10 tahun, kalau mau resign harus bayar ganti rugi sesuai masa ikatan dinas nya.

      selanjutnya bisa lanjut lewat kontak saja

      Delete
  55. Merkur 15c Safety Razor - Barber Pole - Deccasino
    Merkur 15C https://deccasino.com/review/merit-casino/ Safety wooricasinos.info Razor - Merkur - 15C for Barber 좜μž₯μ•ˆλ§ˆ Pole is the perfect introduction to the https://sol.edu.kg/ Merkur Safety https://deccasino.com/review/merit-casino/ Razor.

    ReplyDelete